Bahaya Penyakit Hepatitis B Bagi Ibu Hamil

Friday, December 9th, 2016 - Info Kehamilan
Beritau Bunda Yang Lain

Liver atau hati adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia, Fungsi hati sangatlah tak tergantikan, Beberapa fungsi hati diantaranya : memproduksi anti bodi, memproduksi beberapa hormon dan enzim, memproduksi cairan empedu untuk pencernaan lemak, menetralkan racun dalam tubuh, serta berbagai fungsi lainnya.

Sama seperti organ lainnya hati pun bisa mengalami gangguan, Salah satu gangguan yang bisa dialami oleh organ hati dan bisa di alami oleh ibu hamil adalah hepatitis B.

Hepatitis B adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis yang merusak organ hati yang jika tak tertangani akan menimbulkan kerusakan permanen pada hati.

WHO mencatat penyakit hepatitis b telah menewaskan lebih dari 780.000 orang setiap tahunnya di seluruh dunia.

Sementara diindonesia ditemukan 1 dari 10 orang indonesia terjangkit virus hepatitis B.

Apa Bahaya Penyakit Hepatitis B Bagi Ibu Hamil dan Janin?

Hepatitis B pada ibu hamil yang tak tertangani dengan baik maka akan beresisko menimbulkan komplikasi dan Bahaya Penyakit Hepatitis B Bagi Ibu Hamil.

Bahaya Penyakit Hepatitis B Bagi Ibu HamilSalah satu yang diakibatkan dari Bahaya Penyakit Hepatitis B Bagi Ibu Hamil yang tak tertangani adalah kerusakan hati, hati menjadi mengecil dan menyebabkan sirosis hati atau kanker hati.

Ini sesuai dengan pernyataan dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Yang menyebukan bahwa hepatitis B dan C yang tidak segera ditangani dapat membuat organ hati menjadi mengecil sehingga lama kelamaan akan menimbulkan sirosis atau kanker hati.

Hepatitis B merupakan penyakit yang menular, Penularan penyakit ini bisa di melalui kontak seksual, penggunaan jarum suntik bekas, kontak dengan jarum suntik yang tidak sengaja serta persalinan.

Ibu hamil sangat penting untuk mengetahui kondisi tubuhnya karena jika penyakit hepatitis nya tak disadari dan melakukan persalinan maka bayi akan beresiko tertular hepatitis B.

Hepatitis B yang terjadi pada anak akan lebih berbahaya dan lebih mematikan, untuk itu saat setelah persalinan anak harus langsung divaksinasiĀ  sebelum 12 jam setelah dilahirkan sebagai cara mencegah penularan hepatitis b pada bayi.

Disebut lebih mematikan karena pada anak dibawah usia 5 tahun proses perusakan hati yang diakibatkan oleh hepatitis B akan lebih cepat sehingga infeksi yang semula akut akan cepat kronis.

Hepatitis B jelas bukan penyakit yang sepele bagi anda ibu hamil yang menderita penyakti hepatitis B maka penting untuk segera mencarikan obat hepatitis B.

Beritau Bunda Yang Lain
error: Content is protected !!