Bahaya Rumput Fatimah Untuk Kehamilan Dan Persalinan

Friday, August 26th, 2016 - Info Kehamilan
Beritau Bunda Yang Lain

Bahaya Rumput Fatimah Untuk Kehamilan Dan Persalinan – Dimusim haji seperti sekarang ini selain menunggu keluarga yang ber haji juga tentunya menunggu oleh oleh yang akan di bawa oleh saudara yang sedang berhaji, Selain kurma salah satu oleh oleh yang sering di tunggu tunggu adalah rumput fatimah.

Rumput fatimah merupakan tanaman herbal berbentuk akar yang umumnya tumbuh di padang pasir, Meski begitu kini telah banyak penjual penjual diindonesia yang menjual rumput fatimah.

Ketenaran rumput fatimah di sebagian orang karena rumput fatimah konon memiliki khasiat untuk wanita, seperti melancarkan mentruasi, menormalkan mentruasi, mengatasi pms dan melancarkan persalinan.

Salah satu khasiat yang paling tenar dari rumput fatimah ini adalah dapat melancarkan persalinan, meski begitu para ahli tidak merekomendasikan meminum ramuan rumput fatimah pada ibu hamil .

Bahaya Rumput Fatimah Untuk Kehamilan Dan Persalinan

Rumput fatimah di ketahui mengandung sebuah hormon yang dapat merangsang timbulnya kontraksi, Temuan tersebut di kemukakan setelah hasil dari penelitian di malaysia pada tahun 1998 yang menemukan pada rumput fatimah sebuah hormon bernama hormon oksitosin yang dapat memicu kontraksi.Inilah yang membuat rumput dari arab ini terkenal akan khasiatnya.

Bahaya Rumput Fatimah Untuk Kehamilan Dan Persalinan

Meski begitu menurut Staf Pengajar Universitas Indonesia Fakultas Kedokteran, Dr.Ali Sungkar, Sp.OG¬† ” Rumput fatimah tidak di ketahui jelas isinya apa sehingga tidak aman karena kita tidah mengetahui kandungan apa saja yang aktif pada akar batang serta daunnya. Selain itu efek pada setiap orang yang mengkonsumsi rumput fatimah pun berbeda beda karena tidak ter standar sehingga dosis nya bisa berlebih atau pun kurang, Bahaya nya lagi jika rumput fatimah di gunakan secara belebih dapat menyebabkan kontraksi yang berlebih yang dapat menyebabkan janin kekurangan oksigen” .

Dan juga seorang ahli farmasi Rs Dr Kariadi Semarang, Alkhamudi SSI Apt mengemukakan bahwa secara medis rumput fatimah memang berkhasiat untuk da[at membantu kontraksi dalam proses persalinan.

Namun belaiu juga menyatakan tidak merekomendasikan di minum oleh ibu hamil secara sembarangan tanpa pengawan dokter.

Baca Juga :

Ini karena zat fitokimia  dapat menimbulkan kontraksi dan menyebabkan pendarahan.

Dan berdasarkan pengalaman dari Dr. Okky Oktafandhi SpOG, Spedialis Kandungan Rs Internasional Bintaro yang pernah mendapat rahim pasien yang sangat tipis bahkan bisa saja di angkat yang di akibatkan pendarahan akibat mengkonsumsi ramuan rumput fatimah.

Itulah mengapa rumput fatimah kurang di rekomendasikan pada ibu hamil yang akan persalinan, Meski bermanfaat namun karena ketidakjelasan dari takaran yang dibutuhkan untuk setiap penyajian ramuan pelancar persalinan sehingga meningkatkan resiko pendarahan dan bahaya lainnya .

Referensi : kompas.com, tabloidcempaka.com

Beritau Bunda Yang Lain
error: Content is protected !!