Bolehkah Ibu Hamil Memakai Pantyliner

Friday, September 9th, 2016 - Info Kehamilan

Obat Ibu Hamil – Keputihan merupakan salah satu hal yang mungkin di banyak di alami oleh ibu hamil.

Keputihan merupakan hal yan wajar dimana fungsi dari cairan keputihan itu sendiri adalah untuk dapat membersihkan vagina dan mencegah bakteri merugikan masuk vagina.

keputihannKeputihan saat hamil memang dapat meningkat baik dari segi kadar serta frekuensinya, keputihan pada ibu hamil di pengaruhi akibat hormon ibu hamil yang mampu meningkatkan frekuensi keputihan.

Ibu hamil tak perlu khawatir jika mengalami keputihan saat hamil, karena keputihan merupakan hal yang wajar namun perlu diwaspadai jika ibu hamil mengalami keputihan denga warna yang tidak biasanya dan diiringi dengan gejala yang tak wajar lainnya sehingga menjadi tanda adanya infeksi.

Keputihan yang dialami ibu hamil terkadang dapat menganggu aktivitas ibu hamil dan membuat ketidaknyamanan pada ibu hamil sehingga terkadang terlintas untuk menggunakan pantyliner untuk membuat ibu hamil merasa nyaman.

Meskipun begitu Bolehkah Ibu Hamil Memakai Pantyliner ?

Menguti pernyataan dokter dari health detik.com, dr Hari Nugroho SpOG menuturkan bahwa.

Sebaiknya ibu hamil menghindari pemakaian pantyliner ketika hamil dan mengalami keputihan, ini karena dikhawatirkan bahwa keputihan ibu hamil bisa bertambah parah.

Hal ini bisa terjadi karena pantyliner dapat menyebabkan organ kewanitaan ibu hamil jadi kurang tersirkulasi udara yang menyebabkan area sekitar kewanitaan ibu hamil menjadi lembab sehingga dapat memperparah kondisi keputihan.

Dokter dari RSUD Dr Soetomo Surabaya itu mengatakan bahwa keputihan saat hamil bisa baru dikatakan tidak normal jika sudah menimbulkan jamur dan bakteri, sehingga sangat disarankan jika ibu hamil mengganti celana dalam untuk menghindari infeksi jamur dan bakteri.

Dokter hari pun merekomendasikan jika ibu hamil mengalami keputihan dan sudah tak tertahankan lagi maka ibu hamil di rekomendasikan untuk berkonsultasi ke dokter SpOG untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Umumnya jika ibu hamil sudah mengalami keputihan yang sangat mengganggu maka biasanya diberikan obat antibiotik intravagina yang umum diberikan selama satu hari sekali sebelum tidur selama 7 hari dan disarankan jika menggunakan obat antibiotik ini untuk tidak berhubungan intim dahulu untuk memastikan organ kewanitaan menjadi benar benar bersih.

Bagi anda ibu hamil yang masih mengalami keputihan silahkan disimakn informasi berikut ini yang akan membantu anda mengatasi keputihan > cara mudah mengatasi keputihan gatal saat hamil

Semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!