Contoh Gejala Maag Saat Hamil

Friday, April 7th, 2017 - Info Kehamilan
Beritau Bunda Yang Lain

Contoh Gejala Maag Saat Hamil – Ada dua hal yanng menjadi pemicu penyakit maagn pada saat kehamilan, Pertama akibat infeksi bakteri helicobacter Pylori atau yang kedua akibat hormon pada ibu hamil yang berubah ubah.

Jika penyebabnya bakteri H.Pylori mungkin sebelumnya ibu hamil sudah menderita maag sebelum kehamilan dan kembali kambuh saat kehamilan. Sementara jika penyebabnya akibat hormon ibu hamil yang tidak memiliki riwayat penyakit maag pun bisa terkena penyakit maag.

Perubahan hormon seperti peningkatan hormon estrogen dan progesteron mempengaruhi kinerja lambung dan sistem pencernaan.

Contoh Gejala Maag Saat Hamil

Hormon tersebut dapat merileksasi organ lambung sehingga otot esofagus di lambung menjadi longgar yang mana menyebabkan asam lambung bisa naik kekerongkongan yang mengakibatkan rasa panas di dada dan nyeri ulu hati.

Selain itu juga hormon ini pun membuat proses pencernaan melambat, sehingga proses pengosongan lambung pun ikut terhambat.

Selain itu perubahan hormon ikut mempengaruhi nafsu makan ibu hamil sehingga ibu hamil jadi sering telat makan yang mana ini ikut memicu kondisi penyakit maag pada ibu hamil.

Simak:

Lalu seperti apa gejalanya? Simak selengkapnya disini.

Contoh Gejala Maag Saat Hamil

Contoh gejala maag saat hamil yang paling sering di alami adalah nyeri pada perut bagian atas/ atau ulu hati namun tentu jika hanya satu gejala bisa saja di sebabkan karena keluhan kesehatan lainnya.

Selain nyeri di bagian ulu hati beberapa keluhan atau contoh gejala sakit maag seperti berikut ini:

  • Dada terasa panas
  • Mual
  • Kembung
  • Begah
  • Sendawa
  • Mudah kenyang
  • Mulut terasa asam
  • Bau mulut

Jika ibu mengalami rasa panas di dada dan rasa asam di mulut itu tandanya asam lambung ibu sedang naik ke kerongkongan.

Jika ibu merasa perih di bagian lambung hal tersebut merupakan pertanda bahwa maag yang ibu hamil derita sudah menyebabkan luka di bagian lambung.

Lalu apa yang harus dilakukan ibu hamil saat menderita maag?

Hal yang paling mudah di lakukan ibu hamil ketika menderita sakit maag adalah dengan meningkatkan frekuensi makan, tingkatkan makanan berserat, kurangi stress dan bila perlu mengkonsumsi obat maag untuk ibu hamil.

Beritau Bunda Yang Lain
error: Content is protected !!