Efek Samping Obat Tbc Pada Ibu Hamil

Saturday, August 13th, 2016 - Info Kehamilan

obatibuhamildanmenyusui.com – Pengobatan merupakan sebuah upaya yang di lakukan oleh setiap individu untuk mengatasi, menuntaskan dan menyembuhkan sebuah gangguan kesehatan yang di alaminya yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidupnya.

Salah satu langkah yang di lakukan untuk mengobati penyakit adalah dengan menggunakan obat obatan, meskipun dapat menyembuhkan namun setiap obat pasti memiliki efek samping yang bisa di alami yang tentunya tidak di harapkan.

Membatasi penggunaan obat obatan selama kehamilan memang baik adanya namun bukan menjadi langkah yang selalu tepat untuk diambil, karena setiap pengobatan yang di resepkan oleh dokter telah di atur sedemikian rupa untuk dapat aman di konsumsi selama kehamilan.

Sehingga jika ibu hamil sedang dalam masa pengobatan dan diawasi langsung oleh ahlinya tak perlu ragu dalam mengkonsumsi obat dan jika masih ragu bisa berkonsultasi pada dokter yang menangani anda.

Efek Samping Obat Tbc Pada Ibu Hamil

1280-3d-printed-drug-store

Efek Samping Obat Tbc Pada Ibu Hamil – Salah satu masalah kesehatan yang bisa di alami oleh ibu hamil selama masa kehamilan adalah penyakit TBC, TBC merupakan penyakit yang di akibatkan oleh bakteri Tuberculosis yang meginfeksi paru paru ibu hamil dan menyebabkan radang.

Ketika ibu hamil didiagnosa mengalami penyakit TBC maka biasanya ibu hamil diberikan obat TB atau OAT yang diminum dalam jangka waktu tertentu mulai dari 3 bulan, 6 bulan dan seterusnya.

Yang sering jadi pertanyaan oleh para ibu hamil yang mengalami TB paru adalah efek samping yang di timbulkan dari obat obatan tbc yang diminum dalam jangka waktu panjang tersebut.

Apakah membahayakan pada ibu hamil dan janin atau tidak? dari situs parudokter.com diungkapkan bahwa obat OAT lini pertama seperti rifampisin, isoniazid, pirazinamid dan etambutol aman di gunakan selama kehamilan kecuali streptomisin.

Sehingga tak ada alasan untuk menghentikan pengobatan tbc selama kehamilan yang akan menyelamatkan ibu hamil dan janin yang di kandungnya serta membebaskan orang di sekitar terkena resiko tertular penyakit yang di alami oleh ibu hamil.

Efek Samping Obat Tbc Pada Ibu Hamil

Meski tidak membahayakan penggunaan obat tba atau OAT dapat memberikan efek samping ringan seperti :

  • Sakit Kepala
  • Mual Dan Muntah
  • Sakit Perut
  • Gangguan penglighatan
  • Tidak nafsu makan
  • Demam
  • Sakit kuning
  • Lemas
  • Urin berwarna kemerahan

Obat tb paru untuk ibu hamil sangatlah aman di konsumsi, karena Badan kesehatan dunia atau WHO sendiri menganjurkan penggunaan obat tb paru pada ibu hamil lebih dari 1 jenis yang di konsumsi secara benar lebih dari 2 minggu, Dengan mengkonsumsi obat tb paru secara benar akan meminimalkan resiko penularanan pada janin dan bayi. Efektifitas penyembuhan pada obat tb paru untuk ibu hamil dapat di capai sesuai waktu anjuran yang di anjurkan oleh dokter .

error: Content is protected !!