X
    Categories: Info Kehamilan

Efek Samping Parasetamol Pada Ibu Hamil dan Janin

Beritau Bunda Yang Lain

Obat Ibu Hamil – Parasetamol merupakan jenis obat yang di kelompokan ke dalam obat obatan analgesik atau disebut juga sebagai obat pereda rasa nyeri.

Yang dipakai untuk mengatasi dan meredakan rasa sakit yang ringan hingga menengah, Obat ini pun banyak digunakan sebagai obat penurun demam.

Pada ibu hamil keluhan seperti demam, pusing, sakit kepala, mual dan muntah sangat lah sering ditemui, Jika ibu hamil mengalami gejala gejala seperti diatas biasanya mengkonsumsi parasetamol dapat membantu mengatasinya .

Parasetamol dapat membantu mengatasi gejala gejala tersebut karena parasetamol bekerja untuk dapat mengurangi rasa sakit dengan mengurangi produksi zat prostaglandin yang merupakan unsur yang di lepaskan tubuh sebagai reaksi terhadap rasa sakit .

Khasiat dari parasetamol menurunkan demam di dapat dari fungsi parasetamol yang dapat mempengaruhi bagian otak yang memiliki fungsi untuk dapat mengendalikan suhu tubuh sehingga setelah mengkonsumsi parasetamol biasanya demam akan turun .

Parasetamol termasuk kedalam obat bebas ,meski begitu FDA(BPOM nya Amerika) Menggolongkan parasetamol ke dalam Grade C berdasarkan keamanan nya, di mana pengelompokan di bagi beberapa tingkat yaitu A, B, C, D dan X , Grade A berarti paling aman dan X paling berbahaya .

Lalu Jika Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil Apa Efek Samping Nya Pada Ibu Dan Janin ?

Efek Samping Parasetamol Pada Ibu Hamil dan Janin

Ada beberapa penelitian yang menerangkan akan Efek Samping Parasetamol Pada Ibu Hamil dan Janin.

Pada sebuah penelitian yang di lakukan pada alat perkembang biakanhewan , penggunaan parasetamol menujukan adanya efek samping pada janin, sedangkan apda ibu hamil belum ada kajian yang mendalam.

Selain itu pada jurnal JAMA Prdeiatric menyatakan bahwa anak yang lahir dari ibu yang mengkonsumsi parasetamol secara rutin memiliki kecenderungan mengalami ADHD/Gangguan hiperaktif pada anak.

Dan juga pada penelitian yang di lakukan pada sekitar 64 ribu ibu hamil di negara denmark menemukan anak yang terlahir pada ibu hamil yang sering mengkonsumsi parasetamol memilikiresiko hampir 2 kali lipat mengalami ADHD dan gangguan hiperaktif lainnya

Sementara menurut seorang profesor epidemiologi di UK,Seif Saheen, Ada hubungan anatar penyakit asma dengan parasetamol ,dimana penelitiannya menemukan parasetamol mampu menguras kadar antioksidan “Glutathione” di paru paru, Anti oksidan ini mampu membatasi saluran udara dan menyebabkan asma.

Itulah informasi Efek Samping Parasetamol Pada Ibu Hamil dan Janin meski begitu parasetamol masih di golongkan aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil jika dikonsumsinya tidak secara rutin.

Baca Juga : Perbedaan Tanda Kehamilan dan Sakit Maag

Untuk mengkonsumsi parasetamol harus dibawah pengawasan dokter atau apoteker terutama pada masa awal kehamilan meskipun termasuk kedalam obat bebas.

referensi : liputan6, ffarmasi.unand.ac.id, alodokter

Beritau Bunda Yang Lain
obatibuhamil :